Aning Katamsi

Pelatih.

aning katamsi picture

Biografi

Ratna Kusumaningrum, atau biasa dikenal sebagai Aning Katamsi Asmoro adalah salah satu soprano terbaik di Indonesia yang konsisten mendedikasikan dirinya di bidang musik klasik. Dengan bimbingan ibunya, Pranawengrum Katamsi (Alm.), Aning mendapat pelajaran vokal pertamanya yang kemudian dilanjutkan dengan pendidikan vokal di Sekolah Musik Yayasan Pendidikan Musik oleh Catharina W. Leimena. Beliau juga mendapatkan bimbingan dari Lee Alison Sibley, Ruth Drucker, Andrea Ehrenreich, Adib Fazah, dan Rudolf Jansen. Selain menekuni bidang tarik suara, Aning juga mendalami teknik bermain piano di bawah bimbingan Susiana A. Wibowo dan Iravati M. Sudiarso. Aning telah melakukan program-program kolaborasi dengan orkes-orkes nusantara seperti Orkes Simfoni Jakarta, Twilite Orchestra, Nusantara Symphony Orchestra and Jakarta Chamber Orchestra. Tidak hanya itu, beliau juga telah mengadakan berbagai resital di Indonesia dan juga di mancanegara. Aning telah aktif mendalami bidang paduan suara dan menjadi konduktor PSM UI Paragita sejak tahun 1990 hingga 2000. Pada tahun 2007, beliau kembali aktif meniti karir bersama PSM UI Paragita. Aning telah membawa PSM UI Paragita meraih berbagai pencapaian baik di tingkat nasional maupun internasional. Saat ini, beliau merupakan choirmaster PSM UI Paragita.

Indra Azis - Dosen musik, Founder VokalPlus, Pelatih vokal, Musisi

"PSM UI Paragita adalah paduan suara yang memiliki semangat serta disiplin yang tinggi. Sangat mudah rasanya bekerja sama dengan Paragita, mereka siap dengan segala bentuk aransemen musik serta situasi penampilan apapun. Sukses untuk PSM UI Paragita."

Rama Widi, Harpist

"Sebelum bekerjasama pada tahun 2010 untuk mendukung saya dalam konser 'Rama Widi and Twilite Orchestra' di Aula Simfonia Jakarta, jujur saya sudah 'mengincar' sejak bertemu dengan anak-anak Paragita di Vienna. Saya melihat sebuah keseimbangan sempurna dalam paduan suara mahasiswa ini oleh karena semua anggota yang tergabung mempunyai dedikasi yang tinggi dalam bermusik yang membuahkan banyak prestasi yang dapat disandingkan dengan paduan suara profesional TANPA melupakan kuliah. Semoga Paragita semakin suksesdan dapat menjadi contoh bagi paduan suara mahasiswa lainnya."

Nicholas Fink - Choir Director Schleswig-Holstein Musik Festival

"I was impressed with the vocal and musical abilities of the choir as they mastered the extremely demanding German repertoire, including works by Arnold Schonberg and Johannes Brahms. I am confident they would be a worthy representative of Indonesian choral culture."